Beranda Akademik Soal TVRI 9 November 2020

Soal TVRI 9 November 2020

Soal TVRI 9 November 2020

Berikut jawaban Soal TVRI 9 November 2020 SD SMP SMA Terlengkap. Hari ini admin akan membagikan sebuah soal beserta jawaban TVRI hari ini senin 9 november 2020.

Berikut adalah rangkuman soal dan jawaban TVRI 9 November 2020 untuk para siswa-siswi SD, SMP dan SMA sederajat dalam program belajar dari rumah TVRI.

Untuk rangkuman soal dan jawaban TVRI ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu untuk SD kelas 1-3, kelas 4-6, SMP dan SMA sederajat. Dan masing-masing jenjang pendidikan akan mendapatkan materi dan tugas yang berbeda juga.

Materi pembelajaran secara daring atau online melalui TVRI Senin 9 November 2020 tayang mulai pagi hari hingga siang hari, berikut adalah jadwal lengkapnya:

  • 08.00 – 08.30 : Jalan Sesama: Ayo Tendang (PAUD)
  • 08.30 – 09.00 : Cerita Rakyat: Si Pitung dan Mulan (SD Kelas 1-3)
  • 09.00 – 09.30 : Bangun Datar dan Bangun Ruang (Tabung) (SD Kelas 4-6)
  • 09.30 – 10.00 : Gambar Cadas Nusantara (SMP)
  • 10.00 – 10.05 : Bahasa Inggris : Apa yang Saya Lakukan?
  • 10.05 – 10.30 : Tokoh Perjuangan dengan Strategi Perlawanan Fisik (SMA/SMK)
  • 10.30 – 11.00 : Menjadi Orang Tua Bijak (Keluarga Indonesia)

Jawaban Soal TVRI 9 November 2020 SD SMP SMA

SD KELAS 1-3

SOAL

1. Tuliskan kebaikan dan keburukan dari apa yang dilakukan Si Pitung dan teman-temannya dalam membela rakyat kecil!

2. Tuliskan hal apa saja yang patut ditiru dari Mulan! Tuliskan minimal tiga hal.

JAWABAN

1. Kebaikan Si Pitung dan teman-temannya adalah suka menolong rakyat kecil, sedangkan keburukannya adalah suka merampok atau mencuri (harga penjajah Belanda).

2. Hal yang patut ditiru dari Mulan :

  • Berbakti pada orang tua
  • Cinta keluarga
  • Cinta tanah air
  • Berani dan berjiwa patriot

SD KELAS 4-6

SOAL

1. Tentukan luas gabungan gambar bangun datar tersebut!

2. Amatilah benda di sekitarmu, tuliskan 5 benda berbentuk tabung beserta sifat-sifatnya!

3. Diketahui sebuah kaleng cat berbentuk tabung. Diameternya 14 cm dan tingginya 20 cm. Tentukan volume dan luas permukaan kaleng tersebut!

JAWABAN

1. Luas bangun = Luas segitiga + luas kubus

Luas segitiga = 12 . alas . tinggi

  • Alas segitiga = 15 + 15 = 30 cm
  • Tinggi segitiga = 32 – 15 = 17 cm

Luas = 12 . 30 . 17 = 255 cm2.

Luas kubus = sisi x sisi

  • = 15 x 15
  • = 225 cm2.

Luas bangun tersebut = 255 + 225 = 480 cm2.

Jadi luas bangun tersebut adalah 480 cm2.

2. Benda yang berbentuk tabung :

  • Gelas
  • Tong
  • Kaleng susu
  • Toples
  • Galon
  • Ember

3. Volume tabung = Luas alas x tinggi

  • Volume = π . r² . t
  • 227 . 14 . 14 . 20
  • = 44 . 14 . 20
  • = 12.320 cm3

Luas Permukaan tabung = (2 x Luas Alas) + Luas Selimut

  • Luas alas = π . r²
  • 227 . 14 . 14
  • = 616 cm2

Luas selimut = Keliling alas x tinggi

  • Luas = (2 . π . r) x tinggi
  • = (2 . 227 . 14) x 20
  • = 88 x 20
  • = 1.760 cm2

Luas permukaan = (2 x 616) + 1.760 = 2.992 cm2.

Jadi volume tabung adalah 12.320 cm3, dan luas permukaan tabung adalah 2.992 cm2.


SMP

SOAL

1. Bagaimana karakteristik tempat yang biasanya ditemukan peninggalan gambar cadas di Indonesia?

2. Apa kesamaan yang kamu lihat dari gambar cadas temuan peneliti di sejumlah gua?

JAWABAN

1. Karakteristik tempat peninggalan gambar cadas biasanya tempat yang dipilih memiliki permukaan alas yang datar, kering, bisa melihat panorama yang baik, dinding yang bersih, memiliki aroma yang khas seperti tidak berbau pesing akibat kelelawar atau burung.

2. Kesamaan gambar cadas temuan peneliti di sejumlah gua adalah bentuk guanya yang seperti lubang dan letaknya di atas tebing-tebing.


SMA

SOAL

1. Siapakah dari ketiga tokoh tersebut yang menarik perhatianmu? Jelaskan alasannya!

2. Apakah latar belakang Thomas Mattulesia melakukan perjuangan melawan Belanda?

3. Bagaimana pendapat dan sikapmu terhadap orang yang suka mengadu domba?

JAWABAN

Jawban masih belum tersedia, mohon di tunggu….

Di atas adalah informasi mengenai rangkuman soal dan jawaban TVRI Senin, 9 November 2020 untuk para siswa-siswi SD, SMP dan SMA.