Beranda Indonesia Kebudayaan Aceh

Kebudayaan Aceh

kebudayaan aceh lengkap dengan gambar dan penjelasannya.

Kebudayaan Aceh – Aceh adalah salah satu wilayah yang berada di Indonesia dan terletak di bagian paling ujung sendiri dari berbagai kepulauan nusantara. Aceh atau yang dikenal dengan Nanggroe Aceh Darussalam adalah suku pribumi asli yang memiliki akar sejarah istimewa bagi negara Indonesia. Aceh juga memiliki julukan serambi Mekkah, ini karena memang aceh memiliki nilai ideologis Islam yang melekat dan sangat kental dalam kehidupan masyarakat aceh.

Aceh juga memiliki banyak sekali budaya khas seperti kebudayaan aceh yang akan kami jelaskan di bawah ini secara lengkap. Mulai dari bahasa, pakaian adat, tari-tarian, rumah adat dan masih banyak lagi.

Menurut sejarah bahwa masyarakat aceh sebagian besar adalah pendatang dari berbagai asal kemudian menetap dan tinggal di wilayah ini. Tapi di antara pendatang tersebut, suku aceh tertua itu berasal dari suku mante yang berasal dari Melayu.

Bukan hanya itu, ada juga masyarakat aceh yang merupakan keturunan dari India, Arab, Turki maupun Persia. Ini dikarenakan oleh terjalinnya pernikahan dari para pedagang yang masuk ke tanah Aceh kemudian menikah dengan penduduk di wilayah aceh tersebut.

Bisa di bayangkan kan? bagaimana menariknay cerita tentang aceh ini. Kita bisa membayangkan bagaimana indahnya kebudayaan-kebudayaan daerah yang berada di wilayah tersebut. Berikut kami siapkan artikel kebudayaan aceh yang sangat menarik untuk kalian ketahui serta bisa memperluas wawasan tentang keanekaragaman budaya Nusantara.

Macam-Macam Budaya Aceh:

1. Pakaian Adat Aceh

Pakaian adat aceh adalah peninggalan dari sejarah kerajaan perlak dan samudera pasai. Pakaian adat aceh pria dikenal dengan nama baju Linto Biro, sedangkan pakaian adat wanita dikenal dengan nama Daro Buro.

Pakaian adat ini biasanya di kenakan pada saat-saat istimewa saja, seperti upaca adat atau acara-acara pemerintahan lainnya seperti halnya yang di pakai oleh Presiden RI pada gambar di atas.

Pakaian adat pria merupakan perpaduan dari beberapa bagian, mulai dari bagian atasan yang disebut meukasah serta celana atau pada bagian bawahnya disebut dengan cetak musang ada juga yang menyebutnya dengan nama celana sileuweu.

Sedangkan untuk pakaian adat wanita sendiri adalah perpaduan dari baju atasan yang berbentuk baju kurung berlengan panjang dengan adanya kerah baju yang bergaya seperti kerah baju pakaian cina. Dan pada bagian bawahnya juga masih menggunakan celana cetak musang.

2. Rumah Adat Aceh Krong Bade

Setelah kita mengenal pakaian adat dari aceh. Berikutnya mari kita mengenal kebudayaan aceh yang istimewa lainnya yaitu mengenal rumah adat aceh. Rumah adat aceh dikenal dengan sebutan Rumoh Aceh atau Krong Bade.

Ada beberapa hal yang cukup menarik dan menjadi ciri khas dari rumah adat aceh ini. Salah satunya adalah bentuk rumah yang menyerupai panggung dengan berjarak sekitar 2,5 – 3 meter dari atas tanah.

Keseluruhan dari bangunan rumah adat ini juga di bangun dengan menggunakan kayu. Sedangkan pada bagian atapnya terbuat dari hasil anyaman daun enau atau daun rubia. Ada hal unik dari rumah adat aceh ini, yaitu dari segi penggunaanya. Pada bagian kolong rumah digunakan sebagai tempat menyimpan bahan-bahan makanan dan pada bagian atas digunakan sebagai tempat istirahat dan untuk menerima tamu.

Bukan hanya itu saja hal unik pada rumah adat yang ada di daerah aceh ini. Yaitu pada jumlah anak tangga yang mengantarkan pada ruang utama atau panggung. Anak tangga ini sengaja dibuat ganjil yang dimaksud sebagai simbol nilai religius suku aceh. Selain itu rumah adat yang merupakan dari bagian kebudayaan aceh ini memiliki kesan sendiri.

3. Tarian Adat Nanggroe Aceh Darussalam

Rasanya tidak lengkap kalau mengenal kebudayaan aceh tanpa mengetahui tarian adat yang berasal dari aceh. Tarian adat dari aceh yang sangat terkenal adalah Tari Saman. Tari Saman sendiri memiliki unsur-unsur keindahan seni yang sangat unik dan khas. Tarian ini ditampilkan dengan gerakan tepukan tangan, dada tanpa diiringi alat musik. Mesikupun tanpa alunan musik yang mengiringi tarian ini, kepiwean penari membuat tarian saman menjadi sebuah pertunjukan yang sangat indah dan menarik.

Nama-Nama Tarian Tradisional yang Berasal Dari Aceh:

  1. Tari Saman.
  2. Tari Tarek Pukat.
  3. Tari Bines.
  4. Tari Pho.
  5. Rapai Geleng.
  6. Tari Laweut Aceh.
  7. Tari Ula ula lembing.
  8. Tari Ratoh Duek Aceh.
  9. Tari Didong.

4. Upacara Adat Perkawinan Aceh

Dari daftar kebudayaan aceh yang kami bahas, masih dilengkapi dengan upacara adat yang biasanya diselenggarakan dengan tujuan dan fungsinya masing-masing. Ada beberapa upacara adat aceh yang menjadi tradisi masyarakat setempat seperti halnya upacara perkawinan. Untuk upacara perkawinan di daerah Aceh sendiri diselenggarakan dengan berbagai tahapan, mulai dari melamar calon pengantin wanita, tunangan, pesta pelaminan, penjemputan mempelai wanita, hingga proses penjemputan mempelai pria.

5. Upacara Peusijuek

kebudayaan aceh peusijuek

Upacara adat yang ada di naggroe aceh darussalam bukan hanya upacara yang di selenggarakan dalam acara perkawinan saja, masih ada banyak lagi seperti upacara peusijuek yang merupakan sebuah tradisi memercikan air yang sudah dicampur dengan tepung tawar kepada seseorang yang lagi sedang memiliki hajat tertentu.

6. Makanan Adat Nanggroe Aceh Darussalam

Makanan adat yagn biasanya di sajikan oleh masyarakat aceh memiliki corak yang serupa dengan masakan India, Seperti rti canai dan gulai atau kerambi kering. Selain itu ada juga makanan yang berbahan dasar ikan atau dikenal dengan nama eungkot paya.

Makanan Khas Aceh:

  • Manisan pala
  • Sanger
  • Pisang Sale
  • Kembang loyang
  • Lepat
  • Rujak Aceh Samalanga
  • Keumamah
  • Kue Bhoi
  • Bohromrom
  • Meuseukat

7. Senjata Tradisional Aceh

kebudayaan aceh dari senjata tradisional.

Kebudayaan aceh yang perlu kita kenal selanjutnya adalah senjata tradisional yang digunakan oleh masyarakat aceh. Senjata tradisional suku aceh dikenal dengan sebutan Rancong. Rancong adalah senjata yang memiliki ukuran kecil berbentuk seperti layaknya keris yang sudah dipakai oleh suku aceh pada masa kesultanan aceh. Selain Rancong, ada juga senjata adat suku aceh seperti Siwah dan Peudeung.

Senjata Tradisional Aceh:

  • Rencong meupucok
  • Rencong meucugek
  • Rencong meukuree
  • Rencong pudoi
  • Siwah
  • Peudeung

Dengan adanya berbagai kebudayaan yang dimiliki membuat wilayah aceh menjadi salah satu daerah bagian Indonesia yang terkenal dengan nilai kereligiusannya. Semoga dengan Kebudayaan Aceh di atas bisa membuat kita semua menjadi lebih mengenal budaya aceh serta dapat memperluas wawasan kebudayaan Nusantara.